Tekor Bali (Jalan2)

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

RUMUSAN SEMENTARA

TEMU KOORDINASI PERPUSTAKAAN DIGITAL UK/UPT KEMENTERIAN PERTANIAN

TANGGAL 3-6 MEI 2011

DI KAMPUS BUKIT JIMBARAN BALI

 Temu Koordinasi perpustakaan digital lingkup Kementerian Pertanian dengan tema ” Optimalisasi peran dan fungsi perpustakaan Kementerian Pertanian mendukung swasembada dan swasembada berkelanjutan” di UPT Perpustakaan Pusat Universitas Udayana Kampus Bukit Jimbaran Bali berlangsung tanggal 3-6 Mei 2011 menghasilkan rumusan sebagai berikut :

  1. Tempat, tema, materi dan nara sumber pertemuan sudah mengacu pada rumusan temu koordinasi pengembangan perpustakaan digital tahun 2010 yang diselenggarakan di  Multi Media Trainning Center (MMTC) Yogyakarta yang diikuti oleh  120 orang peserta dari unit kerja lingkup Kementerian Pertanian. Terkait dengan hal tersebut, keberlanjutan penyelenggaraan temu koordinasi pada tahun mendatang, baik tema, tempat penyelenggaraan, materi dan nara sumber sangat ditentukan oleh hasil pertemuan di Kampus Bukit Jimbaran Bali.
  2. Dikaitkan dengan kondisi pertanian yang mengakibatkan meningkatnya kerusakan lingkungan dan perubahan iklim global, lemahnya sistem perbenihan dan perbibitan nasional, masih rawannya ketahanan pangan dan belum berjalannya diversifikasi pangan dengan baik, maka perpustakaan sebagai salah satu ujung tombak penyedia informasi akan memberikan dukungan nyata terhadap Program 4S Pertanian berupa penyediaan kumpulan informasi hasil penelitian yang subjeknya disesuaikan dengan RPTP masing-masing UK/UPT.
  3. Pemahaman para pengambil kebijakan di lingkungan UK/UPT terhadap keberadaan, fungsi dan manfaat perpustakaan digital masih terbatas, akibatnya respon dan perhatian terhadap pengelolaan perpustakaan menjadi rendah. Hal tersebut terlihat dari banyaknya UK/UPT yang mengalokasikan anggaran pengelolaan perpustakaan tidak sesuai dengan kebutuhan minimum perpustakaan tersebut. Oleh karena itu penyusunan program dan anggaran perpustakaan sebaiknya melibatkan penanggung jawab perpustakaan dan berkonsultasi dengan PUSTAKA.
  4. Alokasi anggaran untuk pengelolaan perpustakaan perlu mempertimbangkan standar pembiayaan yang meliputi pengadaan, pengolahan, pelayanan, perawatan dan perbaikan koleksi, penyediaan dan perawatan fasilitas, peningkatan kapasitas SDM dan kajian pengguna.
  5. Layanan belum dapat dilakukan secara optimal, karena selain keterbatasan sarana dan prasarana juga disebabkan masih belum optimalnya kegiatan sosialisasi kepada pengguna, baik internal maupun eksternal serta kerjasama perpustakaan dengan lembaga lain di daerah belum dilakukan.
  6. Dalam rangka meningkatkan jumlah dan kualitas tenaga perpustakaan di masing-masing UK/UPT,  PUSTAKA perlu terus menerus melakukan pembinaan berupa pendampingan, pelatihan, sosialisasi, seminar, monitoring dan evaluasi.
  7. Pangkalan data yang sudah dibangun seperti pangkalan data buku, majalah, IPTAN, PTTAN EJR harus terus dikembangkan yang dibuktikan dengan bertambahnya jumlah database di setiap perpustakaan UK/UPT.
  8. Dengan adanya kerjasama dengan Perpustakaan Pusat Universitas Udayana, kerjasama antar perpustakaan dalam sharing informasi hasil penelitian, terutama informasi tepat guna perlu terus dikembangkan dan dimonitor oleh PUSTAKA.
  9. Terkait dengan dukungan perpustakaan terhadap peringkat webometrik Badan Litbang Pertanian, maka tahun ini seluruh pengelola perpustakaan UK/UPT Badan Litbang Pertanian sudah harus memiliki media komunikasi berupa blog yang nantinya terkoneksi website Badan Litbang pertanian untuk meningkatkan visibilitynya.
  10. Forum Pustakawan yang dilaunching merupakan media komunikasi antar pengelola perpustakaan yang dapat dimanfaatkan untuk sharing informasi dan penyampaian masalah-masalah, saran, harapan dan lain-lain.
  11. Fasilitas perpustakaan digital seperti komputer, server, scanner, printer dan lain-lain yang sudah dialokasikan untuk pengelolaan perpustakaan sebaiknya tidak dimutasikan ke tempat lain sepanjang peralatan tersebut dibutuhkan perpustakaan. Jika mutasi tidak mempertimbangkan hal tersebut, dikhawatirkan akan berdampak terhadap kinerja perpustakaan.

Jimbaran-Bali,6 Mei 2011

Panitia Temu Koordinasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s