Apresiasi Pemanfaatan Perpustakaan Digital

Apresiasi Pemanfaatan Perpustakaan Digital sebagai Bahan Materi Penyuluhan Pertanian



Sebagai upaya meningkatkan profesional dari para Pustakawan dan Penyuluh BPTP dalam memanfaatkan informasi inovasi pertanian sebagai bahan materi penyuluhan BBP2TP menyelenggarakan kegiatan “Apresiasi Pemanfaatan Perpustakaan Digital sebagai Bahan Materi Penyuluhan Pertanian”. Kegiatan ini diselenggarakan di Multimedia Training Center (MMTC), J. Magelang KM 6 Yogyakarta, dari tanggal 1 – 4 Desember 2009. Peserta terdiri dari 18 Pustakawan BPTP lokasi FEFATI dan 32 penyuluh dari seluruh BPTP.

Pusat Data dan Informasi Pertanian (Pusdatin) menjadi salah satu nara sumber pada pelaksanaan kegiatan tersebut. Pusdatin menyampaikan materi Kiat-kita penelusuran informasi Inovasi Pertanian secara cepat dan mudah. Nara sumber yang bertugas adalah : Subandrio S.Sos, Kasubid Aplikasi Multimedia yang memberikan pengantar mengenai pelaksanaan e-Government di Departemen Pertanian, dan Eko Nugroho, S.Kom, MMSI, staf Subbid Aplikasi Multimedia yang memberikan materi mengenai kiat-kiat penelusuran informasi, sekaligus membimbing pada sesi praktek komputer.

Pada dasarnya pencarian informasi di dunia maya (internet) cukup dimudahkan dengan adanya aplikasi search engine, hanya saja diperlukan beberapa trik/kiat-kiat khusus untuk memudahkan pencarian di internet. Trik ini diperlukan mengingat internet dapat kita anggap sebagai sebuah “perpustakaan” yang cukup besar dan luas sehingga kita perlu memerlukan trik tersebut agar mudah mendapatkan informasi yang di inginkan.

Search engine sendiri dapat kita kategorikan menjadi 2 versi, yaitu search engine bebas serta search engine yang sudah dilengkapi dengan direktori. Search engine bebas yang kita ketahui contohnya adalah “Google” dan pendatang baru “Bing”, sedangkan yang melengkapi dirinya dengan direktori adalah “Yahoo” dan “MSN”.

Khusus untuk informasi pertanian, selain memanfaatkan aplikasi search engine yang sudah ada, kita dapat memanfaatkan web Deptan pada fasilitas pencarian data. Pencarian data pada web Deptan juga memanfaatkan Google, hanya saja sudah dilakukan penyesuaian agar dapat mencari pada lingkup domain deptan.go.id.

Saat ini juga telah banyak sekali berkembang aplikasi website versi 2.0, dimana dengan arsitektur tersebut website tidak hanya memberikan informasi belaka tetapi sekaligus menjadi layanan yang bisa mengakomodasi kepentingan pengguna. Sebagai contoh saat ini pengguna dengan mudahnya memberikan informasi apa saja melalui sebuah website, sebut saja contoh seperti Wikipedia, Facebook atau YouTube. Sehingga situs-situs itu juga dapat dijadikan pula sebagai referensi pencarian informasi. Jadi bisa dikatakan arsitektur Web 2.0 ini adalah “dari pengguna untuk pengguna” mengubah konsep dahulu bahwa informasi tidak hanya disediakan oleh reporter website itu sendiri melainkan dapat pula diberikan oleh pengguna.

Secara singkat materi yang diberikan pada kegiatan diatas adalah :

  • pengantar pelaksanaan e-Government di Departemen Pertanian;
  • pengenalan layanan website paling populer saat ini;
  • pengertian arstiektur Web 2.0;
  • pemanfaatan search engine dan aplikasi layanan : Google, Bing, Wiki, YouTube, dll;
  • berbagai contoh penggunaan keyword;
  • pencarian melalui web Deptan, Wikipedia dan YouTube.

Akhirnya materi ini ditutup dengan pemanfaatkan aplikasi multiple search engine yang di provide oleh aplikasi bernama soovle. Dengan mengetikan alamat www.soovle.com kemudian mengetikkan keyword yang diinginkan, maka soovle akan mencari pada 6 aplikasi layanan sekaligus, seperti : Google, Yahoo!, Bing, Amazon, Wikipedia dan YouTube.
Aplikasi ini merupakan salah satu dari sekian banyak aplikasi yang menyediakan layanan multiple search engine, untuk mencarinya anda dapat memanfaatkan search engine yang sudah ada dengan keyword “multiple search engine”.

One response to “Apresiasi Pemanfaatan Perpustakaan Digital

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s